Kelas Blog Online di The Jannah Institute

Belum memiliki pengalaman dalam dunia kepenulisan apalagi menulis di media blog. Berawal hanya penasaran saja, mencari tahu apa sih itu blog, mencoba ikutan kelas online berbayar dari kelas Pemula yaitu pengenalan dan bagaimana cara membuat blog, juga bertanya kepada beberapa teman yang sudah berpengalaman. 

Pertama merasakan belajar agak sedikit rumit dengan memakai kode dan rumus  yang aneh heu. Aku yang sudah berumur ini langsung pusing mendadak hehehe. Terus bertahan belajar dan akhirnya memiliki domain berbayar dengan ada nama sendiri, uh senang banget pakai dot com. Niche dalam blog sebenarnya ingin dikhususkan tentang traveling keluarga kecilku saja yang dilakukan selama merantau di Malaysia. Namun seiring waktu hingga ke hari ini ingin memantapkan niche menjadi Personal blog saja.

Langsung menulis ? Maunya sih begitu, tapi  waktu selalu mencemburui dengan berbagai alasan seperti urusan domestik dalam keluarga yang memang menyita waktu, terutama untuk anak-anak (homeschooling), dimana setelah tidak lagi bekerja seluruh waktu difokuskan untuk mereka. Tidak ada yang pembantu, semua dilakukan sendiri, kadang dibantu paksu. Teng saja hari Jumat waktunya traveling weekend keluar kota, liburan seputaran negeri-negeri di Malaysia, wajib hukumnya karena ini ajang kita kumpul keluarga dan sedikit refreshing. Di samping jalan, ada juga urusan pekerjaan paksu yang mengharuskan kita pergi.

Ada alasan lain yaitu si mata, ya selalu saja dapat waktu senggang bisa menulis ketika jam tidur malam, diusahakan melek untuk menulis, alhamdulillah bisa buat artikel beberapa biji saja sudah bahagia banget, bisa dihitung oleh jari jumlahnya. Ya tapi begitu deh dengan keesokan harinya mata menjadi sepet dan ada saja pekerjaan yang tertunda karena ngantuk dan harus tidur. Klise, harus disusun ulang waktu dan niat untuk bisa aktif menulis secara konsisten. Tetap semangat pastinya. 


SEMANGAT MENULIS


2 tahun sudah berlalu, niat begitu menggebu ingin kembali membuat tulisan dalam blog, karena begitu banyak perjalanan yang belum ditulis, sayang sekali kan kalau dilewatkan begitu saja, ingin juga tulisan ini suatu hari nanti menjadi kenangan untuk anak dan cucu.

Sebelumnya pernah ikutan kelas foto di TJI dan kelas Instagram, eh tidak lama kemudian ada iklan kelas blog melintas di beranda media sosial. Aku pun menghubungi mb Prita sang Founder The Jannah Institute yang merupakan mentor juga, untuk meminta nasihat dan bimbingan. Niat sih ingin private class karena waktu takut tidak mendukung lagi, tapi atas saran beliau setelah melihat blog, menimbang dengan seksama, akhirnya diputuskan bahwa aku lebih baik mengikuti kelas blog di level intermediate. Yes aku mengiyakan untuk ikut. Oh ya sebelumnya kelas dimulai ada review dulu disebuah grup wa untuk mengetahui apa yang akan dipelajari nanti. Kelas dimulai pada tanggal 22 Maret 2021, harusnya sih 15, mungkin ada kesibukan lain sehingga berubah waktu. Ini dia flyer iklannya. 



Goal ikutan kelas ini adalah ingin konsisten menulis, walau pun perlahan, karena masih banyak yang harus dibenahi dalam blog,  terpenting yaitu ada keinginan dan niat diri yang kuat untuk mengabadikan setiap momen perjalanan hidup dalam sebuah tulisan. Bisa dikatakan menulis itu sebuah terapi juga ya, apalagi bagi kaum hawa yang memang setiap hari harus meluahkan perasaan, uneg-uneg lewat kata-kata minimal melalui sebuah tulisan untuk menghilangkan stres.  

Blog juga merupakan sarana belajar, daripada waktu terbuang tidak jelas, agar otak dalam kepala aktif dan tidak mudah lupa, lebih baik kan melakukan hal positif, menjadi ajang untuk mengasah kemampuan diri, juga bisa berbagi ilmu yang bermanfaat dengan menyampaikan informasi di lingkungan terdekat dengan kita. 

Kelas ini dikemas secara online, pastinya sedikit santai sehingga bisa mengatur waktu sesuai kebutuhan kita, kapan saja bisa dibaca. Begitu juga dengan diskusi atau kesulitan dalam materi, bisa langsung ditanyakam ke grup WA yang nantinya akan dijawab dan dijelaskan secara terperinci. Pokoknya kelas ini memang cocok untuk aku yang memang butuh ilmu tentang dunia blog.



3 komentar

  1. seneng bisa ikutan kelas blogging ya mbak
    sekarang makin banyak juga kelas blog baik yang free atau berbayar
    aku seneng ikutan kelas beginian, tapi kadang waktu yang ngga cocok jadi kudu liat timing juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Ainun senang banget, apalagi kalau waktunya bisa pas. Semoga bisa konsisten menulis di blog, amien.

      Hapus
  2. Waah senangnya ikut kelas blogging , kalau saya dulu ngeblog otodidak mbak cuma kalau masalah iklan itu kakak saya yang ngurus .

    BalasHapus